MAPPING THE HUMAN-BASED GLOBAL COMPETITION ADVANTAGE THROUGH CREATED ORGANIZATIONAL

Agung Subono(1*),

(1) CV. Puji Harum Pati Jateng
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini mencoba untuk me-review dan mendiskusikan beberapa isu keunggulan kompetisi global pang berbasis pada aset manusia sebagai aspek inti untuk mencapai keunggulan kompetitif. Sebagaimana diketahui, dibandingkan berbagai aset lainnya yang bukan manusia (non-human assets), aset manusia bersifat lebih unik, komplementer, mendorong, dan menentukan sukses suatu organisasi. Namun, aset manusia yang sukses horus didukung oleh efektivitas organisasi dalam mengelola efektivitas berbagai asetnya, baik manusia maupun bukan manusia

Efektifitas organisasional dan keunggulan kompetisi global adalah masalah mendesak yang dapat menunjang kinerja yang lebih tinggi dari suatu organisasi bisnis. Diperkirakan bahwa efektifitas organisasional akan memberi pengaruh secara langsung terhadap kinerja, dan sasaran untuk mencapai keunggulan kompetisi global dapat memberi pengaruh terhadap kinerja baik langsung maupun tidak langsung - paling tidak hal tersebut dapat membentuk semangat untuk mencapai kinerja yang tinggi dalam persaingan global. Suatu perusahaan dikatakan memiliki keunggulan kompetitif jika ia dapat mengungguli pesaingnya dalam menarik pelanggan dan bertahan menghadapi berbagai kekuatan persaingan (Thompson & Strickland, 2001). Hal yang sama berlaku pula untuk keunggulan kompetitif global, hanya saja dalam konteks global perlu diperhatikan begitu banyak isu global (misalnya: lokalisasi manajemen, koordinasi internasional, pengembangan kepemimpinan global, pemahaman dan integrasi budaya dalam akuisisi lintas-batas, dan munculnya berbagai tantangan budaya dari manajemen pengetahuan global, (Evan et.al, 2002)). Selanjutnya, artikel ini memilih fokus hanya pada isu-isu berbasis manusia (human-based issues). Implementasi, masalah, hambatan, tantangan, keterbatasan, dan arah untuk riset dan penelaahan di masa mendatang didiskusikan secara ringkas.


Keywords


MSDM, MSDM stratejik, strategi bersaing, kompetisi global, keunggulan kompetitif, efektivitas organisasional

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24123/jmb.v4i2.89

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Journal of Management and Business



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN: 1412-3789. e-ISSN: 2477-1783.

Google Scholar Google ScholarGARUDA - Garba Rujukan Digital
 mabis statistics